A Simple Key For terapi akupunktur adalah Unveiled

Wiki Article



Juni 19, 2023 oleh : dr. Harry SpAk NYERI merupakan keluhan utama terbanyak yang membawa pasien datang ke dokter. Nyeri sendiri bukan suatu penyakit, melainkan merupakan sinyal bahwa tubuh kita mengalami sesuatu yang harus dicari penyebabnya dengan baik karena bisa jadi merupakan suatu keadaan yang mengancam.

Menurut National Most cancers Institute, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pengobatan akupuntur dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan setelah perawatan kanker.

Ada banyak teori yang dapat menjelaskan bagaimana akupunktur bekerja. Banyak penelitian pada hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa akupunktur dapat menyebabkan berbagai tanggapan biologis, termasuk efek sirkulasi dan biokimia. Tanggapan ini dapat terjadi secara lokal atau dekat dengan situs aplikasi atau pada jarak tertentu. Mereka dimediasi terutama oleh neuron sensorik ke banyak struktur dalam sistem saraf pusat.

000 perawatan 63). Akupunktur melibatkan tusukan kulit, dan karena itu sedikit memar, perdarahan, atau nyeri di situs akupunktur dapat terjadi karena penetrasi jarum melalui kapiler. Efek samping yang lebih serius, seperti respon vasovagal dengan penurunan tekanan darah dan sinkop, telah dilaporkan. Infeksi dapat terjadi di tempat jarum dari penggunaan jarum yang tidak steril. Ketika jamu dibakar terlalu dekat dengan kulit, luka bakar dapat terjadi di sekitar tempat jarum.

Knowledge dari studi termasuk, melibatkan 67 wanita, menunjukkan bahwa akupunktur telinga lebih efektif dibandingkan dengan obat herbal Cina untuk mengurangi nyeri haid. Studi ini tidak melaporkan apakah peserta menderita efek samping dari perawatan mereka. Lebih besar, penelitian yang dirancang dengan baik membandingkan akupunktur dengan terapi konvensional diperlukan untuk mengkonfirmasi hasil ini.

Saat mengalami nyeri kepala dan migrain, biasanya seseorang akan berbaring di kamar yang gelap dan sunyi untuk mengurangi gejala tersebut. Sebetulnya, mereka dapat mencoba akupunktur untuk membantu mengurangi kambuh serta keparahan dari migrain dan nyeri kepala. 

Masih tingginya prevalensi penyakit hipertensi, maka pasien hipertensi perlu mendapatkan penanganan yang aman dari efek samping mengobatan, karena pengobatan harus dilakukan dalam jangka waktu panjang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan terapi akupresur untuk menurunkan tekanan darah pasien hipertensi. Penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan just one team pre dan post test style. Sampel dalam penelitian ini melibatkan pasien hipertensi sebanyak fifteen orang.

Jarum akupunktur dimasukkan dengan kedalaman yang berbeda di titik-titik pengobatan yang dibutuhkan. Jarum ini sangat tipis, sehingga ketika dimasukkan hanya akan menimbulkan sedikit rasa tidak nyaman.

Meski begitu, banyak penelitian check here yang menunjukkan bahwa akupunktur efektif untuk mengobati sejumlah kondisi. Berikut manfaat akupuntur yang perlu diketahui

 Kedua, nyeri neuropatik, yaitu nyeri yang disebabkan oleh karena kerusakan saraf baik sentral maupun perifer. Contoh yang paling sering adalah nyeri neuralgia pasca herpetika, neuropati diabetic issues, nyeri pasca stroke. Ketiga, nyeri idiopatik/psikogenik, yaitu nyeri yang letak anatomi dan lokasinya tidak jelas atau yang berkaitan dengan faktor psikologis.

Sebuah studi menyatakan bahwa intensitas dan durasi nyeri yang dirasakan saat haid bisa berkurang hingga fifty persen ketika seseorang melakukan terapi akupunktur.

Akupunktur diperkirakan merangsang serabut saraf penghambat untuk waktu yang singkat, sehingga mengurangi transmisi sinyal rasa sakit ke otak.

Halodoc, Jakarta – Ketika mendengar akupuntur, pasti yang muncul dipikiran kamu adalah tusuk jarum bukan? Betul, akupuntur adalah metode pengobatan tradisional asal Tiongkok dengan cara menusukkan jarum pada titik-titik tertentu dari tubuh.

Temuan ini dapat membantu menjelaskan beberapa efek analgesik yang terlihat dengan terapi akupunktur.

Report this wiki page